6 Penyakit Yang Mengancam Diusia 20-an

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan semakin rentan terhadap berbagai risiko penyakit. Ingat, usia muda tidak membuat Anda aman dari berbagai risiko kesehatan. Jadi, Anda harus lebih waspada dan memperhatikan kondisi tubuh. Berikut adalah 6 risiko kesehatan yang mengancam di usia 20-an.

1. Human Papillomavirus
Human Papillomavirus (HPV) adalah penyakit menular seksual yang seringkali tidak terdeteksi. Selain itu, HPV juga merupakan penyebab utama dari kanker serviks pada wanita. Anda bisa berisiko terkena HPV, jika melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan lebih dari satu pasangan. Untuk itu, berkonsultasilah kepada dokter tentang prosedur vaksin HPV dan bagaimana cara mengurangi risiko terkena kanker serviks. 

2. Kanker prostat 
Kanker prostat merupakan risiko kesehatan yang serius pada pria berusia 20-an. Bahkan, kondisi tersebut paling sering terjadi pada pria berusia antara 20-39 tahun. Deteksi dini adalah cara terbaik untuk mencegah kanker. 

3. Kolesterol tinggi 
Tidaklah mengherankan bila orang berusia 20-an berisiko menderita kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, terutama kebiasaan makan yang tidak terkontrol. Konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh bisa meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi. Olahraga rutin dan diet sehat dapat mengurangi risiko tersebut. Apalagi jika itu dilakukan secara rutin dan terus-menerus. 

4. Kanker payudara 
Semua wanita berisiko terkena kanker payudara, terutama bagi yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara. Maka, sebaiknya lakukan pemeriksaan dini untuk mengetahui tanda-tanda kanker. 

5. Kecanduan tembakau
Sebagian besar orang mulai merokok pada akhir usia belasan atau awal 20-an. Bukan rahasia umum, jika setengah dari perokok akan mengalami kematian dini. Maka, berhentilah merokok dan mulai terapkan gaya hidup sehat.

6. Kecanduan alkohol 
Alkohol dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi tubuh. Usia muda terkadang membuat kita lepas kendali dan merasa sangat bugar. Pengaruh alkohol tentu sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama organ dalam. Stop kebiasaan minum alkohol!


Enam risiko kesehatan ini akan mengancam Anda diusia 20-an. Godaan untuk hidup tidak sehat sangatlah besar, namun Anda harus bisa mengendalikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar yang sopan.